Terapi Bekam Modern, Terapi Terpadu, Terapi Islami
 

image

Bismillahirrohmanirrohiim,

Anak adalah anugerah terindah bagi setiap orang tua kelahirannya begitu di nanti. Bahkan para ahli tafsir mengaitkan rahmat Allah yang disebut dalam surat Ar Rum ayat 21 sebagai lahirnya anak bagi pasangan suami istri tersebut.

Namun demikian Allah SWT juga mengingatkan bahwa anak juga merupakan ujian dan cobaan bagi orang tuanya.

Diantara ujian yang akan dicobakan pada orang tua adalah datangnya penyakit pada anak terutama yang masih bayi. Hal ini adalah wajar mengingat sistem kekebalan tubuh anak memiliki masa kritis yang berkesesuaian dengan perkembangan usianya. Anak ibarat harta yang perlu dijaga oleh orang tuanya. Imunitas tubuh anak ketika lahir telah membawa apa yang disebut sebagai imunitas alami yang telah di tularkan dalam kode genetik yang dibawa dari orang tuanya yang jika anak tidak memilikinya maka sedetik setelah ia dilahirkan pun ia akan beresiko terkena serangan infeksi.

Namun demikian anak juga perlu memiliki imunitas pelengkap atau yang disebut sebagai imunitas adaptif yang diperlukan terhadap varian bakteri ataupun virus yang belum dikenal sebelumnya oleh anak, disinilah peran orang tua penting untuk mengenalkan dan menguatkan dengan teknik yang telah diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

Adalah Tahnik yang menjadi sunnah dari Nabi Muhammad yang dianjurkan sebagai cara menyambut anak yang baru lahir ke dunia. Tahnik adalah sebuah cara dimana Rasulullah mencontohkan dengan mengunyahkan buah kurma pada mulutnya sampai lumat dan halus kemudian mengambilkan sebagian saripatinya dan mengulaskannya pada dinding langit-langit mulut bayi.

Air susu ibu juga merupakan sebuah keajaiban penciptaan Allah SWT yang luar biasa dimana dapat terpisah daripadanya darah dan kotoran sehingga dihasilkan air susu yang memiliki juga berbagai tingkatan sesuai dengan usia tumbuh kembang bayi dan keperluannya terhadap nutrisi.

Islam menganjurkan agar setiap Ibu menyempurnakan penyusuannya selama dua tahun sebagaimana termaktub dalam surat Al-Baqoroh surat 233.

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Menurut para ahli ilmu pemberian ASI secara sempurna dan tahnik ini akan berfungsi seperti Imunisasi pada bayi yang menguatkan dan melatih sistem Imun sehingga ia siap untuk menghadapi virus dan bakteri yang jumlahnya memang jauh lebih banyak dari jumlah manusia dan bertebaran di seluruh penjuru dunia ini.

Antara penyakit bayi yang perlu diwaspadai adalah :

1. Demam atau Panas
2. Infeksi saluran pernafasan atas
3. Infeksi telinga
4. Batuk pilek ringan

Selain pemberian ASI, ibu yang menyusui juga perlu memperhatikan makanannya saat bayi terkena penyakit karena apa yang dimakan oleh Ibu saripatinya juga akan diserap oleh anaknya.

Beberapa makanan dan herbal berikut sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu sebagai obat untuk anak yang akan diserapnya melalui ASI

1. Daun pegagan segar atau rebusannya
2. Segala macam buah segar yang memiliki banyak vitamin
3. Habasauda
4. Madu Asli
5. Susu Kambing segar
6. Buah zaitun atau minyak zaitun

Rasulullah juga memiliki satu sunnah yang diajarkan untuk anak-anak yang memiliki masalah infeksi pernafasan yaiu dengan melakukan gurah yang dilakukan menggunakan herba qisthul bahri (nanti ada pembahasan tersendiri) hal ini mirip dengan teknik nasal irigation dengan cairan saline.

Terakhir jangan lupa untuk mendoakan anak dari gangguan dengan doa

U’idzuki(jika perempuan utk anak laki ki diganti ka) bikalimattillahi tammati min kulli syaithon wa hammah wa min kulli ‘ainin laammah

Artinya : Aku lindungkan engkau dengan kalimat Allah yang sempurna dari gangguan syaithon dan binatang berbisa serta mata yang berbahaya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Next Post
»

Switch to our mobile site