Terapi Bekam Modern, Terapi Terpadu, Terapi Islami

Pengobatan Diabetes

March 4, 2014 - الثلاثاء 04 جمادى الأولى 1435
 

Fakta Menarik Tentang Diabetes ( Seri 1 )

Diabetes, belakangan ini telah menjadi suatu momok dan ketakutan baru dari hamper seluruh penduduk bumi konon menurut WHO pada tahun 2030 akan terjadi 350 juta manusia yang akan terkena diabetes tipe 2. Sebuah angka yang cukup mengejutkan dan sekaligus menakutkan

Hal ini sangatlah wajar mengingat implikasi penyakit ini yang dapat membawa kesengsaraan dalam hidup, apabila seseorang tervonis dengan penyakit diabetes maka berkelebatlah bayangan-bayangan ketakutan bahwa ia akan terkena penyakit komplikasinya seperti sakit ginjal, jantung bahkan yang lebih menakutkan impotensi bahkan pemotongan anggota gerak baik tangan ataupun kaki.

Berikut ini kita akan sama – sama belajar tentang GULA DARAH. Banyak yang tahu dan sepakat bahwa Diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar Gula darah namun demikian tak semua mengerti bahwa ada organ lain yang berfungsi dalam mengontrol dan mengendalikannya.

Setiap kita memiliki sebuah fungsi bawaan dalam tubuh yang hukumnya berlaku demikian, “ Untuk  dapat berfungsi secara baik maka tubuh kita harus mempertahankan kadar gula darah antara 80 sampai dengan 110 mg/dl”, Untuk mempertahankan keseimbangan ini maka tubuh kita akan melakukan apa saja untuk mencapai keseimbangan itu bahkan memecah protein dari dalam otot.

Jika kadar gula darah berada di atas 110 mg/dl maka disebut sebagai hyperglycemia dan jika berada di bawah 80 di sebut sebagai Hypoglycemia.

Hampir seluruh makanan yang kita makan akan dirubah oleh tubuh kita menjadi gula bahkan protein akan di pecah oleh tubuh kita untuk kemudian menjadi lemak dan lemak akan dipakai untuk menyimpan gula. Gula akan dipakai sebagai simpanan dan juga energy serta bahan bakar tubuh untuk dapat berfungsi

Cara bekerjanya seperti ini, kita memiliki satu organ yang besar yaitu Liver disebelah kanan badan kita seukuran bola sepak jika di bentangkan dan ada satu organ yang lebih kecil yaitu pancreas. Kedua organ ini memiliki hubungan yang terkait satu sama lain, keduanya memiliki fungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah, tapi Liver menjadi satu bagian besar dari teka-teki yang terlupakan dalam mengontrol gula darah.

Liver mengontrol kadar gula darah ketika kita sedang tidak makan atau berolahraga atau berpuasa, sementara pancreas mengontrol kadar gula darah ketika kita sedang makan. Kedua organ ini bekerja saling melengkapi dan saling menyeimbangkan dalam pengaturan kadar gula darah.

Yang dilakukan oleh Pankreas adalah mengeluarkan satu hormone yang disebut insulin, yang dilakukan oleh insulin adalah mengeluarkan kadar gula dari darah sehingga kadar gula turun sementara Liver melakukan tugasnya ketika kita sedang tidak makan dan memasukkan gula ke dalam darah untuk mencapai keseimbangan. Liver melakukannya dengan mengeluarkan hormon yang disebut Insulin-like Growth Factor / IGF.  IGF mendapatkan gulanya melalui gula yang tersimpan dalam otot dan yang tersimpan dalam liver itu sendiri yang disebut sebagai glikogen sehingga tubuh kita dapat memperoleh gula kembali ketika tidak makan secara cepat. Liver juga mendapatkan gula dari Lemak yang digunakan ketika kita tidak makan atau kelaparan atau olahraga berat atau berpuasa.  Tetapi glikogen adalah yang pertama digunakan sehingga lemak tidak akan digunakan karena tubuh kita tidak memecah lemak kecuali sangat dibutuhkan demikianlah proses regulasi gula terjadi di dalam liver..

Bersambung….. seri 2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Switch to our mobile site